Senin, Desember 08, 2008

TORON





TORON :mudik lebaran haji bagi komunitas Madura di tanah rantau


Idul Adha 1429 H kali ini diawali dengan libur akhir pekan sehingga terasa long weekend. Bagi masyarakat yang tinggal di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan dan Pasuruan tentunya sudah tidak merasa asing lagi, ketika Lebaran Haji begitu sebagian orang menyebutnya dan TORON begitu sebutan bagi komunitas Madura dalam memperingati hari raya Idul Adha di tanah leluhurnya di pulau Madura.

Sebagian dari mereka sejak Jum’at sore telah meninggalkan rutinitas dan bersama – sama dengan sanak famili melakukan mudik pulang ke kampung halaman di pulau Madura, ada yang pulang ke Bangkalan, Sampang, Pamekasan hingga ke Sumenep. Kerumunan kendaraan roda empat dan roda dua bahkan transportasi umum seperti bus memadati pelabuhan penyeberangan di Dermaga Ujung Tanjung Perak Surabaya, untuk antri menanti kapal ferry yang hendak mengantarkan mereka ke kota – kota tujuan di Madura.

Toron atau mudik pulang kampung di saat hari raya Idul Adha mempunyai arti tersendiri bagi komunitas Madura di tanah rantau. Mereka merayakannya dengan menyembelih hewan qurban seperti kambing dan sapi bersama – sama dengan sanak famili di kampung halaman dan tanah leluhurnnya. Kebersamaan dengan keluarga besarnya membuktikan bahwa diantara mereka masih memegang teguh tali silaturahmi meskipun mereka lama di tanah rantau tetapi mereka tidak pernah melupakan sanak famili dan tanah leluhurnya.

Sementara dengan adanya Toron, Surabaya dan daerah penyangganya seperti Gresik, Sidoarjo dan Pasuruan terasa sepi masyarakat sedikit kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari karena sebagian besar pengusaha makanan, pedagang pasar, pedagang sayur dan pedagang atau pengusaha lainnya merupakan orang – orang Madura telah mudik ke kampung halamannya. Betapa hal ini merupakan bukti bahwa komunitas orang Madura yang dikenal sebagai komunitas pekerja keras dan ulet menguasai sendi – sendi perekonomian di Surabaya dan sekitarnya.

Semoga Toron di tahun depan tentunya lebih lancar dan tidak perlu lagi antri berdesak – desakkan menanti kapal ferry yang hendak menyeberangkan mereka ke pulau Madura karena telah selesai dan dioperasionalkannya jembatan Suramadu pada bulan Mei 2009 nanti.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

banyak pasang widget Mas...
Besok - besok semoga Kita ketemu di forum.
Tapi usahakan jangan terlalu sering nge Ping, bisa disangka spam, lakukan sehabis kirim postingan baru saja.
Oh ya, Jangan lupa ubah "Nofollow" jadi "Dofollow" dan baca artikelnya ya.
Semoga sukses...

Gus-Nhanks mengatakan...

Thanks Mas,tp e-booknya belum di emailkan ke saya ya