Senin, Desember 08, 2008

KHOTBAH IDUL ADHA





Hari ini ummat Islam di seluruh penjuru dunia merayakan hari raya Idul Adha 1429 H yang juga disebut dengan hari raya Haji ada juga yang menyebutnya sebagai hari raya Qurban.

Maka pagi hari tadi kaum Muslimin berbondong – bondong ke Masjid untuk menunaikan sholat Idul Adha.

Seperti biasa setelah takbir dan sholat dilanjutkan dengan khotbah.
Selain berisikan tentang kisah Nabi Ibrahim dan Ismail, khotbah Idul Adha kali ini terkandung makna yang lebih membumi terutama bagi kami sekeluarga yang isinya kurang lebih demikian :

“Doa yang baik dari orang tua kepada anaknya sulit dikabulkan oleh Allah SWT, sebaliknya doa yang jelek dari orang tua kepada anaknya InsyaAllah cepat dikabulkan oleh Allah SWT”
dan
“Doa yang baik dari anak kepada orang tuanya InsyaAllah cepat dikabulkan oleh Allah SWT, sebaliknya doa yang jelek dari anak kepada orang tuanya sulit dikabulkan oleh Allah SWT”

Makna yang terkandung di dalamnya adalah sudah menjadi kewajiban orang tua harus selalu menjaga, merawat, memelihara dan memberikan yang terbaik bagi anak – anaknya tanpa pamrih dan imbalan.
Sedangkan bagi anak – anaknya terkandung maksud bahwa sudah menjadi kewajiban anak untuk berbakti dan membalas budi orang tua serta mendoakannya.

Mengapa doa yang baik dari orang tua kepada anaknya sulit terkabulkan, karena dikuatirkan orang tua akan menuntut, mempunyai pamrih dan meminta imbalan kepada anaknya kelak.

Demikian halnya mengapa doa yang jelek dari anak kepada orang tuanya sulit terkabulkan, karena dikuatirkan anak akan bersikap dan bertingkah laku kurang ajar serta berani kepada kedua orang tuanya.

Khotbah sholat Idul adha 1429 H kali ini cukup memberikan arti bagi kami sekeluarga untuk selalu mengingatnya dan mengamalkannya di dalam kehidupan sehari – hari.

Amin ya robbalalamin………

Tidak ada komentar: